UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA SMP NEGERI 29 MEDAN

Main Author: HARAHAP, LATIPA HANIM
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: universitas negeri medan , 2014
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1742
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1742/7257
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa secara individu pada tiap siklus yang diterapkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and picture pada kegiatan belajar mengajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VII-4 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah 33 orang. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (31%), Mengungkap pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM (%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis/membaca (15%), mengungkap pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (0%). Hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and picture mengalami peningkatan, Hasil Pembelajaran pada siklus I menunjukkan 28 orang tuntas individu dan tuntas kelas sebesar 85% dan 37 orang tuntas individu dan 98% tuntas kelas. Dengan rata-rata siklus I dan II masing-masing 75 dan 85. Berarti siklus II tuntas sesuai dengan KKM PKn dengan ketuntasan klasikal 98% atau lebih besar dari 85%. Kata Kunci : Model Picture and Picture, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar