PENGARUH UMPAN BALIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS: (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 165 Jakarta)

Main Author: Andy Nur Abady
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2014
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/720
https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/720/673
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umpan balik dan minat belajar terhadap hasil belajar bulutangkis. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 165 Jakarta dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum, terdapat perbedaan yang signifikan antara umpan balik tertunda dan umpan balik langsung terhadap hasil belajar bulutangkis (Fo 4,19 > 4,11 Ft), dan umpan balik tertunda memberikan hasil belajar bulutangkis yang lebih baik daripada umpan balik langsung, (2) terdapat interaksi antara umpan balik dan minat belajar terhadap hasil belajar bulutangkis (Fo 23,96 > 4,11 Ft), (3) pada siswa dengan minat belajar tinggi, umpan balik tertunda memberikan hasil belajar bulutangkis yang lebih baik daripada umpan balik langsung (Qo 13,5 > 4,33 Qt), dan (4) pada siswa dengan minat belajar rendah, umpan balik langsung memberikan hasil belajar bulutangkis yang lebih baik daripada umpan balik tertunda (Qo 5,68 > 4,33 Qt).