KONTRIBUSI MINAT, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MURID SD NEGERI 32 BANDA ACEH

Main Author: Irwandi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2014
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/712
https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/712/666
Daftar Isi:
  • Hasil Belajar Penjas dipengaruhi oleh faktor psikologis faktor fisiologis. faktor fisiologis  yaitu kondisi fisik yang dalam hal ini adalah Kemampuan Motorik sedangkan psikologis yang didalamnya terdapat aspek Minat dan Kecerdasan Intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah Murid SD Negeri 32 Banda Aceh yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan acuan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dari hasil analisis data yang dapat diperoleh hasil penelitian, Koefisien korelasi Minat (X1) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,57,  dengan r hitung > r tabel (0,57 > 0.246) sehingga X1 memberi kontribusi sebesar 32,49% terhadap Y. Koefisien Kecerdasan Intelektual (X2) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,58,  dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.246) sehingga X2 memberi kontribusi sebesar 33,64% terhadap Y. Koefisien korelasi Kemampuan Motorik (X3) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,59,  dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.497) sehingga X3 memberi kontribusi sebesar 34,81% terhadap Y. Koefisien korelasi secara bersama-sama Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan  Hasil Belajar Penjas sebesar 0,866,  Untuk taraf kepercayaan 0,05 dan n = 46, dengan r tabel = 0.246 dan r hitung = 0,866 dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel (0,866> 0.246).  Dari penghitungan pengujian hipotesis diperoleh f hitung=78,86 sedangkan kemudian diperoleh nilai f tabel=3,18  yang artinya f hitung = 78,86 > dari nilai f tabel,= 3,18 (f hitung lebih besar dari f tabel). Sehingga Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik memberi kontribusi sebesar 74,99% terhadap Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh.. Berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima kebenarannya.