PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: Mega Prasrihamni
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/585
https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/585/543
Daftar Isi:
  • This research is motivated by students having difficulty in writing narration and the low value obtained by students in writing narration. For this reason, a new breakthrough in learning to write narrative is needed, namely by using animated film learning media. The purpose of this study isto obtain information about the influence of the use of animated film media and initial knowledge of narrative writing skills in fifth grade students of the 11th Elementary School in Kampung Jawa, Solok City. This type of research is quasy experiment. The population is all grade V students consisting of 2 classes with a total of 40 people. Sampling was done by purposive sampling technique. Research data were collected using initial knowledge tests and narrative writing skills tests. The results showed that there was an influence of animated film media and initial knowledge on narrative writing skills in fifth grade students of the 11th Elementary School in Kampung Jawa, Solok City. The recommendation of this study is that animated film media can be submitted as a rationale that animated film media and initial knowledge are factors that can improve narrative writing skills.   Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam menulis narasi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis narasi. Untuk itu, perlu terobosan baru dalam pembelajaran menulis narasi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran film animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan media film animasi dan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok.Jenis penelitian adalah quasy eksperiment.Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh media film animasidan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok. Rekomendasi penelitian ini adalah media film animasidapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media film animasidan pengetahuan awal merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Kata Kunci: Media film animasi, pengetahuan awal, menulis narasi