PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Authors: Novita, Rita, Niawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2016
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/200
https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/200/170
Daftar Isi:
  • Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat membantu dalam proses belajar mengajar dimana pendekatan kontekstual tersebut adalah pembelajaran yang merupakan suatu konsep belajar dengan guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penerapan kontekstual pada bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Sebanyak 29 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dan penelitian ini diobservasi oleh dua orang observer terhadap tes kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual  berdampak positif terhadap hasil belajar siswa pada bangun ruang kubus dan balok.