DESAIN PEMBELAJARAN SUDUT PADA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS X

Main Authors: Yulianita, Somakim, Susanti, Ely
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2016
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/191
https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/191/162
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan  lintasan  belajar  yang dapat membantu  siswa memahami  materi bentuk sudut  pada  bangun  ruang  dengan menggunakan PMRI di kelas X. Design research dipilih sebagai jenis penelitian untuk mencapai tujuan  tersebut. Dalam  penelitian  ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan  hipotesis proses  pembelajaran  siswa. Pendekatan  pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan PMRI  dengan  melibatkan  40 orang siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory  (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 2 aktivitas yaitu memahami cara menentukan sudut dari dua garis yang bersilangan  dan  cara menentukan  sudut antara garis dan bidang dalam bangun ruang. Hasil dari  percobaan  pembelajaran  menunjuk bahwa dengan pendekatan PMRI dapat  menentukan  konsep sudut pada bangun  ruang Dengan adanya lintasan belajar mulai dari pembuatan bangun ruang dengan pipet plastik sampai dengan penentuan sudut pada bangun ruang  dengan dua garis dan  antara garis dan bidang dapat membantu pemahaman, penalaran siswa untuk materi sudut pada bangun ruang.