DESAIN PEMBELAJARAN SUDUT PADA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS X
Main Authors: | Yulianita, Somakim, Susanti, Ely |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa Getsempena
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/191 https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/191/162 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami materi bentuk sudut pada bangun ruang dengan menggunakan PMRI di kelas X. Design research dipilih sebagai jenis penelitian untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam penelitian ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran siswa. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan PMRI dengan melibatkan 40 orang siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 2 aktivitas yaitu memahami cara menentukan sudut dari dua garis yang bersilangan dan cara menentukan sudut antara garis dan bidang dalam bangun ruang. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjuk bahwa dengan pendekatan PMRI dapat menentukan konsep sudut pada bangun ruang Dengan adanya lintasan belajar mulai dari pembuatan bangun ruang dengan pipet plastik sampai dengan penentuan sudut pada bangun ruang dengan dua garis dan antara garis dan bidang dapat membantu pemahaman, penalaran siswa untuk materi sudut pada bangun ruang.