PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS III SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH
Main Authors: | Resti Fauziah, Aprian Subhananto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Tunas Bangsa Journal
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/619 https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/619/576 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).Objek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri 70 Kutaraja dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket pengamatan aktivitas guru, angket partisipasi siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa:rata-rata aktivitas guru 3,62, rata-rata Partisipasi siswa 3,12, dan hasil belajar mencapai KKM 65 sebanyak 77,27% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sumber daya alam di SD Negeri 70 Kutaraja Banda Aceh.