UPAYA-UPAYA YANG DI LAKUKAN GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI MIN BUENGCALA KUTA BARO ACEH BESAR

Main Author: Nurjannah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Tunas Bangsa Journal , 2015
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/607
https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/607/564
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “ Upaya-upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains di MIN Buengcala Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data observasi, wawancara dan telah dokumentasi. populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V dan kelas VI pada MIN Buengcala yang berjumlah 231 orang dengan sampel penelitian berjumlah 118 orang. hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diterapkan guru untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran sains. hasil penelitian Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang memegang peranan penting dalam menentukan ke arah mana sasaran dan tujuan peserta didik akan dibawa serta kemampuan minimal dan keahlian apa yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah selesai mengikuti program pendidikan. Atas dasar itu, maka Perubahan yang menuntut adanya penyesuaian-penyesuaian tertentu dalam bidang pendidikan merupakan suatu hal yang harus dilakukan, sebagai upaya memperbaiki dan mengembangkan kualitas pendidikan, menuju terciptanya kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis, dan mampu bersaing, baik tingkal nasional maupun internasional. Dalam konteks pendidikan madrasah, agar lulusannya memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif, maka kurikulum dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi.