PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER READ TOGETHER (THT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELILING DAN LUAS JAJAR GENJANG SISWA KELAS IV SDN 32 BANDA ACEH

Main Authors: Syarfuni, Suryati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Tunas Bangsa Journal , 2014
Subjects:
NHT
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/595
https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/595/553
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul: “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Jajar Genjangdi Kelas IV SD Negeri 32 Beurawe Banda Aceh” yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika materi keliling dan luas jajar genjang. kelas IV SDN 32 Beurawe Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa di SDN 32 Beurawe Banda Aceh yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan Tahun Ajaran 2013/ 2014, sedangkan objek penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 4,32 (86,29%) dan pada siklus II sebesar 4,74 (94,69%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 4.1 (82%) dan pada siklus II sebesar 4,6 (92%). Pada pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, siswa lebih aktif dalam proses belajar. Hasil belajar pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 76,67dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 23 orang siswa (76,67%). Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa sebesar 84,67 yang dituntaskan oleh 29 orang siswa (96,67%).