PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH MERDUATI BANDA ACEH

Main Author: Teuku Mahmud
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Metamorfosa Journal , 2018
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/232
https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/232/200
Daftar Isi:
  • Bicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan yaitu bermain peran.  Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan berkomunikasi lisan terhadap anak kelompok B di TK Aisyiyah Merduati Banda Aceh?, apakah penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan berkomunikasi lisan terhadap anak kelompok B di TK Aisyiyah Merduati Banda Aceh ?. Tujuannya adalah untuk mengetahui dengan pelaksanaan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di TK Aisyiyah Merduati Banda Aceh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 20 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Pada prasiklus kemampuan berkomunikasi lisan anak masih berada pada kategori belum muncul 70% (14 anak) dan mulai muncul 30%(6 anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan katagori belum muncul 32.5%  (6 anak) kategori mulai muncul 40% (8 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20%  (4 anak) dan kategori berkembang sangat baik 7.5%  (2 anak). Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum muncul, mulai muncul, kategori berkembang sesuai harapan adalah 30% (6 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (14 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak. Abstract Talk is the ability to pronounce the articulation of sounds or words to express, States as well as convey thoughts, ideas, and feelings. One of the methods to improve the ability to communicate orally that is playing a role.  Formulation of the problem in this study how to improve the oral communicate of Group B in kindergarten Aisyiyah Merduati Banda Aceh?, what is the use of the method of playing the role can improve communicating verbally against Group B in kindergarten Aisyiyah Merduati Banda Aceh?. The goal is to figure out the implementation role playing can improve your ability to communicate orally Group B in kindergarten Aisyiyah Merduati Banda Aceh?. This type of research is Research Action Class (PTK). Istrumen observation sheet is used, the number of samples is 20 children and data were analyzed using the formula percentage. On prasiklus the ability to communicate orally children are still at category yet appear 70% (14 children) and began to appear 30%(6 children). The results showed that in the description of the child activity in the cycle I the amount of percentage by categories not yet appear 32.5% (6 children) categories began to emerge 40% (8) category growing expectations of 20% (4 children) and the category is growing very well 7.5%  (2 children). While on cycle II there is no category yet appear, begin to appear, developing appropriate expectations of the category is 30% (6 children) category is growing very well is 70% (14 children) based on the data it can be concluded that the role play method can be improve oral the ability to communicate children.   Keywords: Communicate Oral, Role Playing