PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK
Main Author: | Simatupang, Yusrawati JR |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Bina Bangsa Getsempena
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/1139 https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/1139/1011 |
Daftar Isi:
- Writing is an activity of delivering messages, ideas, feelings, and information in writing to others. One of the writing activities studied in class VII is the writing of the procedure text. Based on the initial observation in SMP Negeri 8 Banda Aceh obtained the idea that the ability of students to write the correct procedure text is still lacking. So the research aims to determine the enhancement of the procedure text writing method with a model learning pair checks in students of class VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh. This type of research is class action research (CAR). The research subject is a grade VII-1 student numbering 27 people. Data collection is done by providing tests to students. The results showed that students ' writing skills in the I cycle of the average value of the student test was 74, including the incomplete cathedral. Furthermore, in the cycle II the average grade test of students is 84 then the learning will already include complete category. Based on the data it can be concluded that the study pair checks can improve the ability of students in writing. Abstrak Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan, gagasan, perasaan, dan informasi secara tertulis kepada pihak lain. Salah satu kegiatan menulis yang dipelajari di kelas VII yaitu menulis teks prosedur. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 8 Banda Aceh diperoleh gambaran bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur secara tepat masih kurang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran pair checks pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa pada siklus I nilai rata-rata tes siswa adalah 74 maka termasuk katergori belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata tes siswa adalah 84 maka ketuntasan belajar sudah termasuk kategori tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pair checks dapat meningkatkan kemampuan kemampuan siswa dalam menulis. Kata Kunci :Menulis, Teks Prosedur, Model Pair Checks