MENINGKATKAN KETERAMPILAN PIDATO MELALUI PERPADUAN METODE SIMULASI LOMBA PIDATO BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL TALKING STIK PADA SISWA KELAS X11 IPA-2 SMA NEGERI MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

Main Author: Marsono
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2015
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/372
https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/372/338
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan siswa dalam berpraktik dan menguasai konsep dalam materi pidato.kelas XII SMA Negeri 1 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan motivasi siswa dalan belajar, menambah wawasan guru, dan membuktikan bahwa penggunaan metode simulasi pidato Bahasa Indonesia dan model talking stik pada materi pidato pada siswa SMA Negeri I Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, hasil belajar, keterampilan berpidato, dan untuk menambah wawasan guru dalam mengajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Alat atau instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan, angket, dan tugas praktik. Metode yang digunakan kuwantitatif. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu nilai siklus I terendah 59 dan tertinggi 65, sedangkan nilai siklus 2 terendah 61 dan tertinggi 85. Dengan demikian, penggunaan metode simulasi lomba pidato bahasa Indonesia pada materi pidato dapat meningkatkan hasil belajar siswa.