PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF GURU SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Main Authors: Akmaluddin, Akmaluddin, Rosmala Dewi , Syawal Gultom, Darmawati, Darmawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) STKIP Bina Bangsa Getsempena , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1075
https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1075/986
Daftar Isi:
  • The objectives of this study are: (1) to find out whether there is an effect of perceptions about the principal's participative leadership with the teacher's affective commitment and (2) to find out whether there is an influence of work motivation with the teacher's affective commitment. This research uses quantitative methods, the model used is path analysis with inferential data analysis techniques. The population is all teachers in state high schools in the city of Banda Aceh as many as 108 people, a sample of 84 people. The sampling technique used is random probability sampling or random sampling. Namely the technique chosen to be a representative sample member. Data collection techniques are done using a questionnaire. The instrument was tested for validity with a product moment with an acceptance rate of 95% or at a significant level of 0.05. Reliability is calculated by the alpha r11 coefficient formula. The results showed: (1) There was a significant influence between perceptions about the principal's participatory leadership and the teacher's affective commitment. The correlation coefficient obtained was 0.523 with an alpha significance level of 0.05 and a regression line equation Ŷ = 62.97 + 0.436X1. (2) There is a significant influence of work motivation with the teacher's affective commitment. The correlation coefficient obtained was 0.681 with a significance level of alpha 0.05 and the regression line equation Ŷ = 24.35 + 0.729X2. This study concludes: (1) perceptions about the participatory leadership of the principal do not have a direct influence on the teacher's affective commitment. (2) work motivation has a direct effect on the teacher's affective commitment with a contribution of 48%. (3) the perception of the principal's participatory leadership has an indirect effect on the teacher's affective commitment through teacher work motivation with a contribution of 60%. Thus it is suggested in increasing the affective commitment of teachers it is necessary to increase the perception of the principal's participatory leadership and teacher work motivation. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan komitmen afektif  guru dan (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja dengan komitmen afektif guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik analisis data inferensial. Populasi adalah seluruh guru di SMA Negeri di Kota Banda Aceh sebanyak 108 orang, sampel berjumlah 84 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling random atau pengambilan sampel secara acak. Yaitu teknik yang dipilih menjadi anggota sampel yang representatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Instrumen di ujii validitasnya dengan product moment dengan tingkat penerimaan 95% atau pada taraf signifikan 0,05. Reliabilitas dihitung dengan rumus koeefisien alpha r11. Hasil Penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi tentang kepemimpinan partisipatif  kepala sekolah dengan komitmen afektif guru. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,523 dengan level signifikansi alpha 0,05 dan persamaan garis regresi Ŷ = 62,97 + 0,436X1. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja dengan komitmen afektif guru. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,681 dengan level signifikansi alpha 0,05 dan persamaan garis regresi Ŷ = 24,35 + 0,729X2. Penelitian ini menyimpulkan : (1) persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah tidak mempunyai pengaruh langsung dengan komitmen afektif guru. (2) motivasi kerja mempunyai pengaruh langsung dengan komitmen afektif guru dengan kontribusi sebesar 48%. (3) persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap komitmen afektif guru melalui motivasi kerja guru dengan kontribusi sebesar 60%. Dengan demikian disarankan dalam meningkatkan komitmen afektif guru perlu ditingkatkan persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi  kerja guru. Kata Kunci: persepsi guru tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, motivasi kerja dan komitmen afektif