Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Main Authors: Mare, Erika Simare, Asrial, Asrial, Harizon, Harizon
Format: Article info Journal
Terbitan: Universitas Jambi , 2018
Online Access: https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/5305
ctrlnum article-5305
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA</title><creator>Mare, Erika Simare</creator><creator>Asrial, Asrial</creator><creator>Harizon, Harizon</creator><description lang="en-US">[ Analysis of the Implementation of the Number Heads Together Cooperative Learning Model and Its Effect on the Critical Thinking Ability of Senior High School Students ] Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together oleh siswa sebesar 70,83% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,47% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,86294 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t diperoleh thitung &amp;gt; t&#xAD;tabel (9,660 &amp;gt; 2,036) dengan dk = 32 dan &#x3B1; = 0.05, sehingga H0&#xAD; ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe &#xAD;number heads together berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Muaro Jambi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Jambi</publisher><date>2018-07-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><identifier>https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/5305</identifier><identifier>10.22437/jisic.v10i1.5305</identifier><source lang="en-US">Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry; Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry; 12-20</source><source>2621-5543</source><source>2085-1715</source><recordID>article-5305</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Journal:Journal
author Mare, Erika Simare
Asrial, Asrial
Harizon, Harizon
title Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
publisher Universitas Jambi
publishDate 2018
url https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/5305
contents [ Analysis of the Implementation of the Number Heads Together Cooperative Learning Model and Its Effect on the Critical Thinking Ability of Senior High School Students ] Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together oleh siswa sebesar 70,83% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,47% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,86294 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t diperoleh thitung &gt; t­tabel (9,660 &gt; 2,036) dengan dk = 32 dan α = 0.05, sehingga H0­ ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe ­number heads together berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Muaro Jambi.
id IOS14114.article-5305
institution Universitas Jambi
institution_id 64
institution_type library:university
library
library Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry
library_id 2122
collection Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
repository_id 14114
subject_area Chemistry and Allied Science/Kimia dan Ilmu yang Berhubungan
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS14114
first_indexed 2020-10-22T03:28:05Z
last_indexed 2020-10-22T03:28:05Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686868078638399488
score 17.538404