Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Sekolah Standar Nasional (Survey di SMPN 11 Kota Jambi)

Main Author: Sabil, Husni
Format: Article info Journal
Terbitan: Universitas Jambi , 2014
Online Access: https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/1942
ctrlnum article-1942
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Sekolah Standar Nasional (Survey di SMPN 11 Kota Jambi)</title><title lang="id-ID">Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Sekolah Standar Nasional (Survey di SMPN 11 Kota Jambi)</title><creator>Sabil, Husni</creator><description lang="en-US">Kepala sekolah merupakan pengemban tanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah. Tanggung jawab tersebut sarat dengan harapan dan pembaharuan, sehingga cita-cita mulia pendidikan secara tidak langsung diserahkan kepada kepala sekolah. Kajian tentang kinerja kepala sekolah bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksaaan program sekolah sudah sesuai dengan yang direncanakan, apa saja hambatan yang ditemukan serta bagaimana mengatasi masalah yang temukan tersebut. Manajemen berbasis sekolah adalah pengkoordinasian dan penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah melalui sejumlah input manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Dalam implementasi MBS kegiatan pokok yang harus diemban kepala sekolah yakni merencanakan, mengorganisasi, pengadaan staf, mengarahkan/orientasi sasaran, koordinasi, memantau serta menilai/evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi yang merupakan salah satu sekolah standar nasional di Kota Jambi. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah metode Survey dengan tingkat eksplanasi penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan tata usaha. Hasil akhir dari penelitian di SMPN 11 Kota Jambi ini menggambarkan bahwa implementasi MBS sudah baik, yaitu =69,07 dengan skor rata-rata untuk masing-masing indikator fungsi kepala sekolah adalah Educator =68,78, Manajer =69,63, Administrator =71,63, Supervisor =66,37, Leader =70,91, Innovator =68,40 dan sebagai Motivator =67,82. Untuk itu diharapkan pemerintah daerah dapat merancang rambu-rambu dan kewenangan yang jelas tentang kepala sekolah, sehingga kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah secara mandiri. &amp;nbsp; Kata Kunci : Kinerja Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah</description><publisher lang="en-US">Universitas Jambi</publisher><date>2014-10-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><identifier>https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/1942</identifier><identifier>10.22437/jisic.v6i2.1942</identifier><source lang="en-US">Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry; Vol. 6 No. 2 (2014): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry; 25-34</source><source>2621-5543</source><source>2085-1715</source><recordID>article-1942</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Journal:Journal
author Sabil, Husni
title Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Sekolah Standar Nasional (Survey di SMPN 11 Kota Jambi)
publisher Universitas Jambi
publishDate 2014
url https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/1942
contents Kepala sekolah merupakan pengemban tanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah. Tanggung jawab tersebut sarat dengan harapan dan pembaharuan, sehingga cita-cita mulia pendidikan secara tidak langsung diserahkan kepada kepala sekolah. Kajian tentang kinerja kepala sekolah bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksaaan program sekolah sudah sesuai dengan yang direncanakan, apa saja hambatan yang ditemukan serta bagaimana mengatasi masalah yang temukan tersebut. Manajemen berbasis sekolah adalah pengkoordinasian dan penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah melalui sejumlah input manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Dalam implementasi MBS kegiatan pokok yang harus diemban kepala sekolah yakni merencanakan, mengorganisasi, pengadaan staf, mengarahkan/orientasi sasaran, koordinasi, memantau serta menilai/evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi yang merupakan salah satu sekolah standar nasional di Kota Jambi. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah metode Survey dengan tingkat eksplanasi penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan tata usaha. Hasil akhir dari penelitian di SMPN 11 Kota Jambi ini menggambarkan bahwa implementasi MBS sudah baik, yaitu =69,07 dengan skor rata-rata untuk masing-masing indikator fungsi kepala sekolah adalah Educator =68,78, Manajer =69,63, Administrator =71,63, Supervisor =66,37, Leader =70,91, Innovator =68,40 dan sebagai Motivator =67,82. Untuk itu diharapkan pemerintah daerah dapat merancang rambu-rambu dan kewenangan yang jelas tentang kepala sekolah, sehingga kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah secara mandiri. &nbsp; Kata Kunci : Kinerja Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah
id IOS14114.article-1942
institution Universitas Jambi
institution_id 64
institution_type library:university
library
library Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry
library_id 2122
collection Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
repository_id 14114
subject_area Chemistry and Allied Science/Kimia dan Ilmu yang Berhubungan
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS14114
first_indexed 2020-10-22T03:28:04Z
last_indexed 2020-10-22T03:28:04Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686868078049099776
score 17.538404