Penerapan Model Pembelajaran (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan
Main Authors: | Jan, Chai, Utami, Citra, Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Singkawang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2048 https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2048/1361 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan PBI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pre-Experimental. Design yang digunakan ialah One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasinya ialah semua siswa kelas IX SMPS Asoka Singkawang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan PBI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Gain ternormalisasi 0,6 kriteria sedang sehingga terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan PBI (2) mean dari aktivitas belajar siswa tergolong sangat baik yaitu 91% (3) mean dari keterlaksanaan PBI tergolong sangat baik yaitu 95%. Berdasarkan pemaparan di atas, penerapan model PBI untuk siswa kelas IX di SMPS Asoka Singkawang terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas siswa tergolong sangat baik, dan keterlaksanaan model pembelajaran tergolong sangat baik.