Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 13 Singkawang
Main Authors: | Alpandi, Alpandi, Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi, Husna, Nurul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Singkawang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2004 https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2004/1334 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SFE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran dengan model SFE pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan: 1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SFE dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) pengaruh model pembelajaran SFE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa tergolong tinggi; 3) aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sangat aktif; 4) motivasi belajar siswa dikategorikan tinggi.