MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Authors: Aprianto, Muhammad Agus, Rosmaiyadi, Rosmaiyadi, Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Singkawang , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1678
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1678/1146
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, dan motivasi belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil pengaruh model PBL dengan pendekatan Saintifik menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik; dengan rata-rata hasil posttest kelas ekperimen yaitu 81,34 2) Model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan; dengan hasil uji effect size sebesar 3,5 3) Motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan diterapkannya model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dengan rata-rata keseluruhan siswa adalah 4,16.