Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition (Air) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa PadaMateri Limas Kelas VIII

Main Authors: D.A.P, Christi Jayanti, Rosmaiyadi, Rosmaiyadi, Mariyam, Mariyam
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Singkawang , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1677
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1677/1145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswapada pembelajaran modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahuibesar pengaruh model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3)Untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas; (4) Untuk mengidentifikasi motivasi siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimentdengan bentuk Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa,lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar angket motivasi siswa.Hasilpenelitian: (1) Terdapat perbedaankemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3) keterlaksanaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetitionberbantuan alat peraga pada materi limas dapat tercapai dengan baik; (4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi ketika diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.