Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII
Main Authors: | Utami, Citra, Mariyam, Mariyam, Nurdin, Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Singkawang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1591 https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1591/1075 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas yang diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization dan kelas dengan model pembelajaran langsung; (2) mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization; (3) mengetahui motivasi siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Singkawang pada kelas VIII menggunakan metode eksperimen dengan rancangan berupa Pre-test Posttest Control-Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Singkawang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling dengan pengambilan sampel yaitu Claster Random Sampling.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji N-gain, uji-t indenpenden, uji normalitas, uji homogenitas, persentase aktivitas belajar, dan rata-rata motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu3,676>2,018; (2) aktivitas belajar siswa kelas eksperimen tergolong aktif dengan rata-rata sebesar 78,58%; (3) motivasi siswa kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata sebesar 4,36.