PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Main Authors: Riandini, Galuh Detasa, T., Ahmad Yani, Suratman, Dede
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/51177
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/51177/75676593995
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan. Selanjutnya dilakukan validasi dan penilaian oleh tiga ahli terhadap kelayakan LKPD yang dikembangkan berdasarkan PBL dan tanggapan dari lima siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan LKPD berbasis PBL persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMPN yang dikembangkan dapat diinterpretasikan dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 82,54%. Dilihat dari masing-masing aspek kelayakan isi 87,12%, kelayakan penyajian 81,94%, kelayakan bahasa 83,33%, dan kelayakan grafis 77,78%. Berdasarkan tanggapan siswa, LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dapat dikategorikan ke dalam kriteria interpretasi menarik dengan hasil tanggapan rata-rata 77,5%. Jika dilihat dari setiap aspek yang ditanggapi siswa yaitu; kejelasan konsep (67,5%), penyajian materi (82,5%), desain tampilan (80%), dan tugas pembelajaran (80%)