PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA MATA PELAJARAN IPS

Main Author: Zulhartati, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Guru Membangun , 2012
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/310
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/310/316
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan proses pembentukkan kepribadian manusia yang bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat menumbuhkembangkan potensipotensi kemanusiaannya. Dalam pendidikan guru berusaha memberikan pembelajaran kepada para siswa untuk lebih aktif mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.Untuk mencapai tujuan pendidikan guru sebagai motivator dan fasilitator dalam proses belajar mengajar sangat besar peranannya terutama dalam usaha pembelajaran siswa. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran tidak terlepas dari cara atau metode pengajaran yang diterapkan guru di sekolah. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat memilih model mengajar yang tepat dan inovatif dalam menyajikan pelajaran. Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam membelajarkan ilmu pengetahuan sosial kepada siswa, apabila guru masih menggunakan paradigma pembelajaran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social Pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dalam seting pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Model STAD, IPS