Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Main Author: Primadoniati, Anna
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: South Sulawesi Education Develoment (SSED) , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13
https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13/11
ctrlnum article-13
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam</title><creator>Primadoniati, Anna </creator><subject lang="en-US">Metode Pembelajaran</subject><subject lang="en-US">Problem Based Learning</subject><subject lang="en-US">Hasil Belajar</subject><description lang="en-US">Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 2 Ulaweng menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan metode Problem based Learning (PBL) , terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas VIII SMPN 2 Ulaweng, penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya meningkatkan&amp;nbsp; hasil&amp;nbsp; belajar PAI siswa SMPN 2 Ulaweng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu quast&amp;nbsp; experimental design&amp;nbsp; bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan Pada Mei - Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Ulaweng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuasioner, dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan tekhnik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen yaitu 81,82 berada pada kategori hasil belajar sangat tinggi dan mean kelompok control yaitu 74,42 berada pada kategori hasil belajar tinggi. Selain itu hasil nilai evaluasi kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)&amp;nbsp; mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Ulaweng Kab. Bone</description><publisher lang="en-US">South Sulawesi Education Develoment (SSED)</publisher><date>2020-02-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13</identifier><source lang="en-US">Didaktika: Jurnal Kependidikan; Vol. 9 No. 1 (2020): DIDAKTIKA Februari 2020; 77-97</source><source>2745-4312</source><source>2302-1330</source><language>eng</language><relation>https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13/11</relation><recordID>article-13</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Primadoniati, Anna
title Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
publisher South Sulawesi Education Develoment (SSED)
publishDate 2020
topic Metode Pembelajaran
Problem Based Learning
Hasil Belajar
url https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13
https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/13/11
contents Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 2 Ulaweng menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan metode Problem based Learning (PBL) , terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas VIII SMPN 2 Ulaweng, penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya meningkatkan&nbsp; hasil&nbsp; belajar PAI siswa SMPN 2 Ulaweng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu quast&nbsp; experimental design&nbsp; bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan Pada Mei - Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Ulaweng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuasioner, dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan tekhnik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen yaitu 81,82 berada pada kategori hasil belajar sangat tinggi dan mean kelompok control yaitu 74,42 berada pada kategori hasil belajar tinggi. Selain itu hasil nilai evaluasi kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)&nbsp; mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Ulaweng Kab. Bone
id IOS14095.article-13
institution South Sulawesi Education Development (SSED)
institution_id 4837
institution_type library:university
library
library Didaktika: Jurnal Kependidikan
library_id 3702
collection Didaktika: Jurnal Kependidikan
repository_id 14095
subject_area UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Relationship with Other Educational Institutions/Hubungan Perpustakaan dengan Lembaga Pendidikan
Education, Research/Pendidikan Filsafat, Penelitian Filsafat dan Topik Terkait dengan Filsafat
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
city KOTA PALOPO
province SULAWESI SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14095
first_indexed 2020-07-06T02:43:57Z
last_indexed 2020-12-23T09:48:52Z
recordtype dc
_version_ 1686862104766709760
score 17.538404