PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PINRANG
Main Authors: | Amir, Musdalifah, Muris, Muris, Arsyad, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Makassar
, 2015
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/1756 https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/1756/769 |
Daftar Isi:
- Abstract: Development of Experience-based Learning Package to Class XI IPA Students at SMAN 9 Pinrang. This study was a research and development aimed to develop experience-based learning package. The learning packages which are developed are lesson plan, students’ worksheet, and material. The development procedure employed 4-D models modified from Thiagarajan’s model. The development learning package phases consisted of (i) define phase, (ii) design phase, (iii) develop phase and (iv) disseminate phase. The study was conducted in SMAN 9 Pinrang and class XI IPA1 was the test subject. The result of the study showed that (i) the learning package developed was confirmed as valid and practical with validity degree 1,0 and coefficients practicality 100% so it was feasible to be used in Physics learning class XI IPA at SMAN 9 Pinrang, and (ii) Lesson plan are developed based on experience learning syntax namely i) concrete experience, ii) reflection observation, iii) abstract conceptualization, and iv) active experimentation, materials are developed based on students experience and students’ worksheet are developed as lesson-guided to find fluid static concept using demonstration.Keywords: experience-based learning, learning packageAbstrak: Pengembangan Perangkat PembelajaranBerbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pengalaman. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD). Prosedur pengembangannya menggunakan four D models (Model 4-D) yang dimodifikasi dari model Tiagharajan. Tahap pengembangan perangkat pembelajaran terdiri atas: (i) tahap define, (ii) tahap design, (iii) tahap develop dan (iv) tahap disseminate. Ujicoba perangkat dilaksanakan di SMA Negeri 9 Pinrang dengan subjek ujicoba pada kelas XI IPA1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dengan tingkat validitas Vc sebesar 1,0 dan koefisien kepraktisan sebesar 100 % sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Pinrang, dan (ii) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan berdasarkan empat sintaks belajar pengalaman yaitu i) concrete experience, ii) reflection observation, iii) abstract conceptualization, dan iv) active experimentation, Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD) disusun berdasarkan pengalaman peserta didik, dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dikembangkan sebagai penuntun belajar untuk menemukan konsep fluida statis melalui kegiatan demonstrasi.Kata Kunci: pembelajaran berdasarkan pengalaman, perangkat pembelajaran