PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL DEDUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PINRANG

Main Authors: Octaviani, Fadilah Dwi, Bakri, Abdul Haris, Yani, Ahmad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2015
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/1474
https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/1474/536
Daftar Isi:
  • This research is quasi research to determine the influence of learning model of deductive hypothetical learning cycle to critical thinking skills of students, to determine the influence of conventional learning to critical thinking skills of students, and to determine whether there are significant differences between critical thinking skills the groups were taught learning model of deductive hypothetical learning cycle and taught by conventionally in science students grade XI SMA Negeri 4 Pinrang in 2013/2014 academic year. Design used in this study is Intact Group Comparison. Independent variable is learning model that consists of two dimensions namely learning model of deductive hypothetical learning cycle and conventional learning. Meanwhile, the independent variable is the critical thinking skills of students. The population in this study were all of science students grade XI SMA Negeri 4 Pinrang in 2013/2014 academic year. The sample is an experiment group with a number of 23 persons and the control group with a number of 21 persons. Critical thinking skills data acquired through multiple choice tests. The technique of data analysis is descriptive analysis and inferential analysis. Based on the results of the test of critical thinking skills obtained an average score of critical thinking skills that are taught learning model of deductive hypothetical learning cycle was 25,48 it was obtained from average score of experimental group. While the average score of critical thinking skills that are taught by conventional was 22,19 it was obtained from average score of control group. In the hypothesis test that there are differences in critical thinking skills of science students grade XI SMA Negeri 4 Pinrang was taught by learning model of deductive hypothetical learning cycle and was taught conventionally.Penelitian ini adalah penelitian kuasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang Tahun Ajaran 2013/2014. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Intact Group Comparison. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran yang terdiri atas dua dimensi yaitu model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan pembelajaran konvensional. Sedangkan variabel tak bebasnya adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang tahun pelajaran 2013/2014. Sampelnya adalah kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 23 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 21 orang. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis diperoleh skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif sebesar 25,48 diperoleh dari skor rata-rata yang dicapai olek kelompok eksperimen. Sedangkan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok yang diajar secara konvensional sebesar 22,19 diperoleh dari skor rata-rata yang dicapai olek kelompok kontrol. Dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan yang diajar secara konvensional.Kata Kunci: hipotetikal deduktif, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran, siklus belajar