PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GOWA

Main Authors: Susanto, Itsna Khumaerah, Arsyad, Muhammad, Khaeruddin, Khaeruddin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2019
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11034
https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11034/7369
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan kogitif antara peserta didik yang diajar menggunakan tugas terstruktur dan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan tugas terstruktur pada kelas XI SMA Negeri 1 Gowa Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah peserta didik pada kelas XI MIA 9 sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Gowa. Pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan kognitif fisika dalam bentuk pilihan ganda. Data penelitian dianalisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar fisika pada kelas eksperimen berada pada kategori rendah dan kelas kontrol berada pada kategori cukup. Sehingga pengujian hipotesis mengatakan terdapat perbedaan kemampuan kognitif antara peserta didik yang diajar menggunakan pemberian tugas terstruktur dan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan tugas terstruktur.