PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 17 MAKASSAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Main Author: Irwansyah, Irwansyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2019
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/10804
https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/10804/6288
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian R & D yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen kinerja siswa berdasarkan kurikulum 2013 yang valid secara teoritik dan empirik, serta efektif untuk digunakan. Subjek coba dalam penelitian ini berjumlah 18 orang peserta didik kelas XI SMAN 17 Makassar. Prosedur pengembangan mengacu pada model 4-D yang terdiri atas define, design, development, dan dessiminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) validasi pakar menunjukkan bahwa instrumen kinerja dinyatakan valid secara teoritik, 2) analisis setelah ujicoba menunjukkan bahwa sejumlah 12 rubrik kinerja dinyatakan valid secara empirik berdasarkan koefisien korelasinya, 3) hasil persepsi guru terhadap instrumen yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat tinggi, dan 4) instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan efektif untuk digunakan.