PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )TEMA KELUARGAKU PADA SISWA KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21
Main Author: | Ariyanti, Putu Lusia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3097 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3097/1661 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini merupakan pengembangan produk RPP dengan tema Keluargaku dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun RPP berorientasi pada kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 ( 4C ). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk RPP yang sesuai dengan kompenen-kompenen RPP yang tertuang dalam Permendikbud No. 81A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemendikbud, 2013:38). Pengembangan RPP tema Keluargaju ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan RPP hanya dilakukan pada tahap development. Hasil diperoleh bahwa hasil validasi ahli dan praktisi rancangan RPP tema Keluargaku berkategori baik dan direvisi seperlunya, sedangkan kepraktisan perangkat pembelajaran RPP dinilai praktis .Sehingga keputusan yang dapat diambil adalah diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas perangkat pembelajaran yang dinilai oleh pengawas sekolah dengan kepala sekolah.