PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V
Main Author: | septiasari, Ni Luh Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3096 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3096/1651 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3096/1656 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik dan kelompok siswa dengan pendekatan saintifik siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, menggunakan rancangan single factor independent group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Widiatmika. Sampel penelitian yaitu siswa Vb dan Vd. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis digunakan tes esai dan data hasil belajar IPA digunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis. Kedua terdapat perbedaan hasil belajar IPA. Ketiga terdapat perbedaan secara simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi secara signifikan dari kelompok siswa dengan pendekatan saintifik baik secara sendiri-sendiri maupun simultan.