Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Di Gugus IV Kecamatan Mengwi

Main Authors: Dewi, Cintya, Lasmawan, Wayan, Gunamantha, Made
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2880
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2880/1483
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap motivasi belajar dan kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Mengwi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mengwi dengan jumlah 239 orang. Sampel penelitian sebanyak 51 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data motivasi belajar dan kemampuan literasi sainmasing-masing dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik, (3) terdapat perbedaan simultan yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model course review horay berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Mengwi.Kata-kata kunci : Model Course Review Horay, Motivasi Belajar, Kemampuan Literasi Sains