PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD DI GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA
Main Authors: | Adiwiguna, Setyawan, Dantes, Nyoman, Gunamantha, Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2871 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2871/1474 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Denpasar Selatan. Sample penelitian didapatkan melalui proses random sampling. Sample penelitian adalah siswa kelas V SD Hainan School dan siswa kelas V SD 5 Panjer. Hasil data kemampuan berpikir kritis siswa didapat melalui tes uraian dan hasil data literasi siswa didapat melalui tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik, 2) terdapat perbedaan literasi sains siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik, 3) terdapat perbedaan simultan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM.terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa.Kata kunci : berpikir kritis, literasi sains, pembelajaran PBL, STEM.