Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi

Main Authors: Dadri, Chan, Dantes, Nyoman, Gunamantha, Made
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2870
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2870/1473
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Mengwi dengan jumlah 332 orang. Sampel penelitian sebanyak 74 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika masing-masing dikumpulkan menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi.Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika