PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN
Main Authors: | Ekawati, Novianti, Dantes, Nyoman, Marhaeni, AAIN |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2866 http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2866/1470 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model project based learning Berbasis 4C Terhadap kemandirian belajar dan Kemampuan membaca Pemahaman. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 300 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa yaitu 30 siswa kelas IV dari SD N 8 Banjar Anyar sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas IV dari SD N 1 Banjar Anyar sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis single factor indefendent group design with use of covariate. Data dianalisis menggunakan Anava satu jalan dan MANOVA. Dari SPSS 16 For Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Project based learning berbasis 4C Terhadap Kemandirian belajar dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.Katakunci: 4C, Kemandirian belajar, Membaca Pemahaman PBL