Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD
Main Authors: | Nilayanti, Mega, Suastra, Wayan, Gunamantha, Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2865 http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2865/1469 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 1 Gianyar dengan jumlah 487 orang. Sampel penelitian sebanyak 65 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains masing-masing dikumpulkan menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik, (2) terdapat pengaruh yang signifikan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik, (3) terdapat pengaruh simultan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa kelas IV SD. Kata kunci : Model Talking Stick, Kemampuan Berpikir Kreatif, Literasi Sains