PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN QUESTION CARDS TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Main Authors: Swandewi, Ayu, Suarni, Ketut, Lasmawan, Wayan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2862
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2862/1466
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Question Cards terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Mengwi tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.Data dianalisis menggunakan MANOVA dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 24,951 > Ftabel = 3,96 dan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05. Rata-rata skor sikap sosial kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol ( = 24,15 > = 22,35) dan rata-rata skor hasil belajar IPS kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol ( = 25,4 > = 22,4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media Quesion Cards terhadap sikap sosial dengan hasil belajar IPS.Katakunci: TPS, quesion cards, sikap sosial, hasil belajar, IPS