PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA
Main Authors: | Sudiasih, Ni Wayan, Dantes, Nyoman, -, Sariyasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2694 http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2694/1290 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari disposisi matematika siswa kelas III di Gugus VI Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah design dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang ada di Gugus VI Kecamatan Sukawati yang terdiri dari 278 siswa. Sebanyak 40 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data disposisi Matematika dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar Matematika menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berpendekatan saintifik dengan bantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berpendekatan saintifik. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap hasil belajar matematika. Ketiga, pada siswa yang memiliki disposisi matematika tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Masalah berpendekatan saintifik berbantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berpendakatan saintifik. Kempat, pada siswa yang memiliki disposisi matematika rendah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Masalah berpendekatan saintifik berbantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berpendekatan saintifik. Kata Kunci: Disposisi Matematika, Hasil Belajar Matematika, Media Konkrit, Pembelajaran Berbasis Masalah