PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Purbarani, Dyah Aini, Dantes, Nyoman, Adnyana, Putu Budi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2689
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2689/1285
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III gugus X Buleleng yang berjumlah 102 siswa dan sampel berjumlah 58 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes essay sedang data hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas III di sekolah dasar; 2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III di sekolah dasar; dan 3) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA secara simultan pada siswa kelas III di sekolah dasar.