PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA
Main Authors: | Irayanti, NW Dia, -, Sariyasa, Gunamantha, I Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2688 http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2688/1284 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap matematika pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Tabanan. Populasi dalam penelitian ini 506 orang siswa. Dua kelas dipilih secara random sebagai sampel dengan jumlah siswa 84 orang. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data sikap terhadap matematika dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan sikap terhadap matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran saintifik. Kata Kunci: etnomatematika, group investigation, kemampuan berpikir kritis, sikap terhadap matematika