PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI PENALARAN LOGIS PADA SISWA KELAS IV SD
Main Authors: | Wahyuni, Putu Dian, Marhaeni, AAIN, -, Sariyasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2685 http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2685/1281 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan penalaran logis pada siswa kelas IV. Penelitian ini tergolong penelitian quasi eksperimen dengan rancangan dua faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di gugus IV kecamatan Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 467 siswa. Sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 125 dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik kelas random sampling. Data hasil belajar dan kemampuan penalaran logis dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan penalaran logis terhadap hasil belajar matematika. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional, pada siswa yang memiliki kemampuan penalaran logis tinggi. Kempat, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional, pada siswa yang memiliki kemampuan penalaran logis rendah. Kata kunci: hasil belajar matematika, kemampuan penalaran logis, pemecahan masalah