PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN MENGWI

Main Authors: Jayanti, Eva Dwi, Aryana, IBP, Gunamantha, I Made
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2681
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2681/1277
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari literasi digital siswa kelas V sekolah dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar dan literasi digital. Data dianalisis menggunakan anava dua jalur. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa SD di Gugus VI Kecamatan Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran STM dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA (Fhitung = 5,724; p < 0,05); (2) terdapat terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan literasi digital dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA (FAB hitung = 4,430; p < 0,05); (3) terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa dengan literasi digital tinggi yang mengikuti model pembelajaran STM dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhitung = 19,171; p < 0,05); (4) terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa dengan literasi digital rendah yang mengikuti model pembelajaran STM dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhitung = 5,703; p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model pembelajaran STM dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Mengwi ditinjau dari literasi digital. Kata kunci: hasil belajar, literasi digital, model pembelajaran STM