NILAI-NILAI KOMUNIKASI DALAM DAKWAH NABI MUSA ALAIHISSALAM (SURAT Asy-SYU’ARA AYAT 16 SD 30)

Main Author: Oknita, Oknita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe , 2020
Online Access: https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwaul-dakwah/article/view/848
https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwaul-dakwah/article/view/848/580
Daftar Isi:
  • Tulisan ini mengkaji tentang Nilai-nilai komunikasi dalam dakwah nabi Musa Alaihissalam dalam surat Asy-syu’ara ayat 16 sd 30. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dari kisah nabi Musa dan ayat tersebut diperoleh, bahwa nilai-nilai komunikasi ditinjau dari model komunikasi yang digunakan adalah S-R (stimulus-respon), proses Komunikasi termasuk dalam proses komunikasi secara Primer. Metode Komunikasi yang digunakan oleh nabi Musa alaihissalam adalah metode persuasif berbanding terbalik metode yang digunakan oleh Fir’aun yaitu Metode Instruktif/koersif. Etika Komunikasi Persuasif diantaranya: Tidak menggunakan data palsu, alasan yang kuat dan logis, tidak berbohong. Pada hakikatnya semua Nabi dan rasul yang diutus merupakan komunikator yang unggul dan handal.