PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP OPERATOR SEKOLAH DALAM PENGOLOLAAN DAPODIK

Main Author: Nurmala, Nurmala
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe , 2020
Online Access: https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwaul-dakwah/article/view/744
https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwaul-dakwah/article/view/744/488
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Peran Teknologi Komunikasi Terhadap Operator Sekolah dalam Pengelolaan Dapodik”. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana peran teknologi komunikasi terhadap operator sekolah dalam pengelolaan dapodik dan apasaja kendalayang dihadapi oleh operator sekolah dalam pengelolaan dapodik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknologi komunikasi sangat berperan penting bagi operator sekolah dalam pengelolaan dapodik yaitu dapat mempermudah dan mempercepat proses komunikasi, mempermudah akses komunikasi, menghemat waktu dan meringankan biaya, komuniasi tanpa batas, membentuk komunitas virtual (online), dan dapat memangkas biaya komunikasi. Kendala yang dihadapi operator sekolah dalam pengelolaan dapodik diantaranya adalah kurangnya fasilitas pendukung, koneksi jaringan buruk/mengalami gangguan cuaca, sulit singkronisasi, keterbatasan jaringan internet, keterbatasan biaya operasional, kurangnya pelatihan khusus operator, kurangnya pemahaman mengenai teknologi komunikasi, operator dituntut harus ekstra cepat/update dan terkadang kurangnya pengertian dari pihak terkait untuk kerjasama dalam memudahkan kinerja operator sekolah. Sebagaimana dalam teori Uses and Gratifications bahwa para pengguna internet memanfaatkan, mendayagunakan, memuaskan keinginan dan kebutuhannya dengan memfaatkan internet.