MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIS SELF MANAGEMENT
Main Author: | Komariah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Book Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ridwan Institute
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/56 http://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/56/60 http://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/56/61 |
Daftar Isi:
- Fenomena membolos terjadi di SMA Negeri Astanajapura. Menurut data yang diperoleh peneliti bahwa di sekolah tersebut fenomena membolos banyak terjadi pada kelas XII.IIS.4. Dari data diketahui yakni pada tahun ajaran 2019/2020 terdapat 4 siswa yang membolos dalam setiap harinya. Apabila dihitung secara kasar maka per-minggunya jumlah siswa yang membolos ialah 24 siswa. Sementara setiap bulannya jumlah siswa yang membolos ialah 144 siswa. Berdasarkan data peneliti diketahui bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang mempunyai persentase membolos paling tinggi dibanding siswa yang lain. Fenomena yang ada pada siswa kelas XII.IIS.4 SMA Negeri 1 Astanajapura menunjukkan terdapat beberapa siswa yang melakukan perilaku membolos yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konseling individual menggunakan pendekatan behavior dengan teknik self management dapat mengatasi perilaku membolos pada siswa kelas XII.IIS.4 SMA Negeri 1 Astanajapura. Jenis penelitian adalah PTK kualitatif eksperiment dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII.IIS.4 SMA Negeri 1 Astanajapura yang memiliki tingkat perilaku membolos yang tinggi. Pemilihan subjek dilakukan melalui rekomendasi dari guru pembimbing dan terjaring 4 siswa, diantaranya adalah AS, MR, RM, dan SR. Hasil pre test menyatakan terdapat 4 siswa yang mempunyai perilaku membolos dengan kategori tinggi. Setelah dilaksanakan konseling menggunakan pendekatan behavior dengan teknik self management, 4 siswa tersebut menunjukkan hasil pos test yang menurun yakni perilaku membolos berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil pre test serta post test yang ada menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas XII.IIS.4 SMA Negeri 1 Astanajapura yang mengalami penurunan perilaku membolos setelah dilakukan konseling individual menggunakan pendekatan behavior dengan teknik self management.