PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK ORANGE BUTTON
Main Authors: | Hildayanti, Mira, Sariwaty, Yulia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/182 https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/182/138 |
Daftar Isi:
- The existence of social media applications in the moderen era has been used by many people as a means of doing business, in addition to showing existence. In its development, marketing communication is now not only done conventionally but also through digital media. Caused by a virus pandemic that spreads in all parts of the world including Indonesia. Social media is changing its benefits in addition to disseminating information and communication, but can also function as a marketing media, and one of them is social media services that can be done as marketing access, as example social media Instagram. Instagram is a social media that can be used as marketing in the digital age in expanding and increasing consumer reach. The purpose of this research is to find out how PT Pinisi Terbang Menari manage an Instagram account as a marketing communication medium for Orange Button products as one of the products of PT Pinisi Terbang Menari, to compare with the development of sales since the early 2020 beginning of the pandemic. This research has been carried out since the beginning of April 2020 until July 2020. This study uses a qualitative approach, which is descriptive research with all the elaboration of the data collected. The results of the research are the use of Instagram which is done on the Orange Button products by PT Pinisi Terbang Menari by observe the problem, and focusing the results from the managed. The results showed that since 2020, when the pandemic occurred, it had become an obstacle for PT Pinisi Terbang Menari in conventional product marketing, but the use of Instagram social media in digital marketing was done to keep Orange Button products running and could help the company continue to survive and develop.
- Keberadaan aplikasi media sosial di era moderen telah dimanfaatkan oleh banyak kalangan masyarakat sebagai sarana dalam melakukan usaha selain untuk menunjukan eksistensi. Pada perkembangannya, komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional namun juga melalui media digital. Disebabkan adanya pandemi virus yang menyebar di seluruh belahan dunia termasuk wilayah indonesia. Media sosial berubah manfaat selain untuk penyebaran informasi dan komunikasi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai media pemasaran, salah satunya layanan media sosial yang dapat dilakukan sebagai akses pemasaran yaitu melalui media sosial Instagram. Instagram adalah media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai pemasaran di era digital dalam memperluas dan meningkatkan jangkauan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana PT Pinisi Terbang Menari memanafaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran produk Orange Button sebagai salah satu produk dari PT Pinisi Terbang Menari, untuk membandingkan dengan perkembangan penjualan sejak awal tahun 2020 permulaan dari pandemi. Penelitian ini telah dilaksanakan sejak awal April 2020 sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat penelitian deskriptif dengan semua penjabaran data yang terkumpul. Hasil dari penelitian adalah pemanfaatan Instagram yang di lakukan pada produk Orange Button oleh PT Pinisi Terbang Menari dengan menganalisis masalah, dan memfokuskan hasil pemanfaatan. Hasilnya didapatkan bahwa sejak tahun 2020 pada saat terjadinya pandemi sempat menjadi hambatan bagi PT Pinisi Terbang Menari dalam melakukan pemasaran produk secara konvensional, namun penggunaan media sosial Instagram dalam pemasaran digital yang dilakukan agar produk Orange Button tetap berjalan dan dapat membantu perusahaan tetep bertahan dan berkembang.