Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa

Main Authors: Astikawati, Ni Wayan, Tegeh, I Made, Sukra Warpala, I Wayan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Online Access: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3351
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3351/1718
Daftar Isi:
  • Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter (PPK) dan keterampilan Abad 21 yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran di jenajang pendidikan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang mengunakan direct instruction. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning (PBL), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang yang diambil dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan secara simultan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa nilai F = 6,530 dan nilai sig.= 0.003 dengan taraf signifikansi 0,05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dengan nilai F = 4,170 dan nilai sig.= 0.046 dengan taraf signifikansi 0,05. (3) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F = 4,170 dan nilai sig.= 0.046 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Kemandirian Belajar Siswa; PBL