PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IX H SMP 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Main Author: Utami, Titik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Singkawang , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/1540
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/1540/1071
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek siswa kelas IX H SMP 5 Semarang dan 2) meningkatkan hasil belajar pemahaman dalam menyusun cerpen siswa kelas IX H SMP 5 Semarang. Berdasarkan KD 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan, siswa kelas IX SMP 5 Semarang masih belum sempurna. Standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan sebesar 80, namun nilai rata-rata menyusun cerpen hanya 79. Model Problem Based Learning adalah model yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Data hasil penelitian menggunakan model Problem Based learning menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menyusun cerpen mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 82,46 menjadi 89,15 pada siklus II atau meningkat sebesar 8,11%. Hasil belajar aspek pemahaman teks cerpen meningkat dari 78,09 pada siklus 1 menjadi 89,53 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 34,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berhasil meningkatkan keterampilan menyusun cerpen secara sangat siknifikan serta meningkatkan pemahaman menyusun cerpen secara siknifikan.