PENGEMBANGAN KEMASAN PANCI TEFLON “UD. JAYA MANDIRI” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA
Main Authors: | Bagos, Imam Arief Suro, Budiardjo, Hardman; Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Cinantya, Ixsora Gupita; Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal ArtNouveau
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/2944 https://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/2944/1376 |
Daftar Isi:
- UD. Jaya Mandiri merupakan sebuah perusahaan importir dan pembuatan alat-alat memasak yang berada di daerah Jombang sejak tahun 2010 silam. Munculnya kompetitor membuat UD. Jaya Mandiri harus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas layanan dan produknya yang dijual. Perusahaan juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk membentuk sebuah identitas yang kuat pada desain kemasan. Dengan adanya identitas yang kuat tersebut, sebuah perusahaan akan menjadi lebih dikenal oleh konsumen. Tujuan dari pengembangan kemasan panci teflon UD Jaya Mandiri adalah untuk menghasilkan desain kemasan dan desain visual kemasan yang baru. Pengembangan dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi kompetitor untuk mendapatkan data untuk pengembangan desain kemasan panci teflon. Analisis data dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Setelah menganalisa data, ditemukan sebuah kata kunci “Luxury” untuk pengembangan desain kemasan. Arti dari “Luxury” adalah mewah / kemewahan. Konsep “Luxury” dalam pengembangan desain kemasan ini bermakna sesuatu yang sangat memuaskan selera dan apapun yang menyenangkan indera. Hasil dari pengembangan desain kemasan ini adalah untuk meningkatkan citra dari suatu kemasan.