PERANCANGAN VISUAL IDENTITY KAMPUNG SURODINAWAN MOJOKERTO SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEPADA MASYARAKAT

Main Authors: Sumedi, Misbahul, Yurisma, Dhika Yuan, Riqqoh, Abdullah Khoir
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal ArtNouveau , 2018
Online Access: https://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/2635
Daftar Isi:
  • Kampung Surodinawan adalah kampung para pengrajin batik tulis Mojokerto yang telah menurunkanbudaya membatik kepada anak dan cucu mereka. Keunikan yang dimiliki Kampung Surodinawan selain sebagaitempat tinggal para pengrajin batik adalah motif batik yang dihasilkan. Motif ini menggunakan simbol-simbolkerajaan Majapahit. Tidak adanya identitas visual yang dapat mencerminkan karakteristik kampung tersebutmembuat keberadaan kampung ini kurang dikenali. Dalam penelitian ini merancang identitas visual berupa logodapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam perancangan ini menggunakan authentic sebagai konsepdasar. Konsep ini menjelaskan bahwa Kampung Surodinawan memiliki keaslian motif batik Majapahit yang tidakdimiliki dimanapun. Berdasarkan permasalahan tersebut, pentingnya sebuah identitas visual diharapkan dapatmenyampaikan pesan atau citra yang ingin disampaikan kepada masyarakat secara visual, serta media pendukungberupa video teaser, brosur, X-Banner, iklan majalah, dan merchandise