PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING (BELAJAR BERBASIS PENGALAMAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Main Authors: Ratih, Ni Putu Ayu, Martha, I Nengah, Artawan, Gde
Other Authors: Ni Putu Ayu Ratih, Undiksha, Pascasarjana, Pendidikan Bahasa Indonesia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Online Access: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3342
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3342/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan siswa menulis puisi, (2) langkah-langkah, dan (3) respons siswa setelah penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 3 Penebel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri atas lima komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas VIII C SMPN 3 Penebel. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan kuesioner. Metode analisis data adalah metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yakni (1) kemampuan siswa dengan menerapkan model experiential learning meningkat terlihat dari hasil refleksi awal skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65, skor rata-rata pada siklus I adalah 74,3, dan pada siklus II skor rata-ratanya adalah 86. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yaitu 75. (2) langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model experiential learning yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Respons siswa meningkat sebanyak 6% tiap, pada siklus I respons siswa berjumlah 1242 dengan rata-rata 43 kategori positif. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan respons berjumlah 1410 dengan rata-rata 49 kategori sangat positif. Kata kunci: Experiential Learning; Menulis; Puisi