PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN

Main Authors: Limbong, Dian, Rahmatsyah, Rahmatsyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Geliga Sains , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/view/4862
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/view/4862/4588
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional. Jenispenelitian adalah quasi eksperimen, dan pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kognitif. Dari analisa data untuk hasilbelajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 46,667 dan postes 73,714. Kelas kontrol diperoleh rataratapretest 40,381 dan postes 60,761. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak, dimana uji tdiperoleh thitung = 4,056 sedangkan ttabel = 1,668 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan. Halini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadaphasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan T.P2016/2017.